Fantastis! Kambing Pygmy di Magelang Seharga Puluhan Juta

Babi kerdil adalah sejenis kambing yang berbeda dari kambing ternak lainnya. Perbedaan antara kambing kerdil menjadi jelas dari segi ukuran, karakteristik dan keuntungan bagi peternak.

 

Istilah "pygmy" dalam bahasa Inggris berarti kerdil dan biasanya digunakan untuk menyebut berbagai suku bangsa di dunia dengan ukuran tubuh yang rata-rata sangat kecil (Pygmies). Oleh karena itu, kambing kerdil dinamai berdasarkan ukurannya yang cukup kecil jika dibandingkan dengan jenis kambing lainnya.

 

Karena ukurannya yang menggemaskan dan keindahan alamnya, kambing mini ini lebih sering digunakan sebagai hewan hias daripada sumber makanan hewani (susu maupun daging). Untuk anak kambing kerdil harganya sekitar 25 juta. Harga kambing hias bisa dibilang cukup mahal dibandingkan dengan kambing hias lainnya.

 

Apakah Anda ingin tahu lebih banyak tentang kambing dari keturunan kerdil? Cari tahu lebih lanjut tentang sejarah kambing kerdil, ciri-ciri, cara perawatan, hingga harga kambing kerdil di sini!

 

Asal Usul Kambing Pygmy

Kambing kerdil kecil adalah kambing hewan yang berasal dari Afrika khususnya, di wilayah Lembah Kamerun. Mereka dibiakkan untuk kambing perah dan pedaging karena potensinya untuk berkembang biak serta ketahanannya terhadap berbagai penyakit dan parasit.

 

Pada abad ke-19 ketika Inggris membawa kambing kerdil ke wilayah Eropa, ia menjadi hewan eksotis yang dipelihara di kebun binatang di seluruh Jerman dan Swedia. Pada akhir 1950-an, kambing kerdil diimpor ke Amerika. Amerika Serikat dan diperdagangkan untuk lembaga penelitian, kebun binatang serta individu. Pada akhirnya, kambing mini juga mendapatkan ketenaran sebagai hewan peliharaan dan pertunjukan.

 

Ciri-Ciri Kambing Pygmy

Dalam istilah yang paling sederhana kita dapat mendefinisikan kambing Pygmy sebagai jenis kambing yang tingginya kecil dan memiliki kepadatan yang sangat padat. Ia memiliki kepala dan kaki yang lebih pendek, dahi yang memanjang, telinga yang tegak, memiliki kedua sisi dan leher. hidung bulat dengan moncong bulat.

 

Tinggi rata-rata kambing kerdil dewasa berkisar antara 41-60cm. Kambing kerdil jantan memiliki berat antara 27 dan 39 kg, sedangkan betina memiliki berat antara 24-34 kilogram.

 

Ukuran ini termasuk dalam kategori kecil atau mini jika dibandingkan dengan jenis kambing Boer yang diperkirakan memiliki tinggi sepertiga sentimeter dan berat antara 94 hingga 114 kg dikenal juga dengan kambing Saanen yang memiliki tinggi badan mencapai antara 80 dan 90 sentimeter dan berat 60 kg.

 

Dari warna bulunya, kambing kerdil dapat ditemukan dalam berbagai pola dan warna. Mulai dari warna hitam, cokelat karamel sedang hingga karamel tua, abu-abu, bercampur, dengan pola di bagian wajah, punggung, atau perut.

 

Panjang bulu kambing kerdil tergantung pada suhu dan jenis kelamin. Kambing jantan memiliki janggut yang lebih panjang serta surai yang jatuh di atas bahunya, serta tanduk yang lebih besar. Berbeda dengan kambing betina yang tidak berjanggut atau bertanduk jarang dan lebih kecil.

 

Ukuran dan penampilannya yang imut Sifat kambing kerdil yang penuh hormat dan ramah membuatnya menjadi hewan peliharaan yang ramah baik untuk orang dewasa maupun anak-anak. Kambing lucu itu terampil dan bisa dilatih seperti hewan peliharaan lainnya.

 

Sementara sebagian besar dunia lebih cenderung memandang kambing mini sebagai kambing hias di negara mereka sendiri di Afrika, trah ini dibiakkan sebagai sumber makanan hewani.

 

Daging kambing dapat dikonsumsi seperti daging kambing lainnya. Produksi susu mereka populer karena memiliki rasa manis dan tinggi kalsium, potasium, dan fosfor jika dibandingkan dengan susu kambing perah. Kambing kerdil dapat menghasilkan hingga 1-2 liter per hari selama lebih dari 180 hari.

 

Umur kambing mini ini bisa mencapai 15 tahun. Penting bagi peternak atau pemelihara kambing kerdil untuk memiliki komitmen jangka panjang dalam merawatnya.

 

Bagaimana Cara Merawat Kambing Pygmy?

Menurut peternak kambing kerdil, cara merawat kambing jenis ini sederhana dan tidak memerlukan cara khusus. Berikut 6 faktor yang harus diperhatikan saat merawat kambing kerdil kesayangan Anda.

 

1. Makanan

Mirip dengan makanan khas kambing, kambing kerdil juga memakan daun segar, semak, ranting, dan rumput. Mereka juga sesekali diperbolehkan makan buah dan sayur sebagai suguhan. Namun, makanan manis tidak dianjurkan pada kambing yang rentan mengalami obesitas.

 

Selain pakan pabrik, juga ditawarkan dengan kandungan nutrisi yang telah dimodifikasi untuk kambing Pygmy, sehingga lebih cocok untuk peternak.

Asupan harian penting yang harus diperhatikan adalah air. Sangat penting untuk memiliki air yang tersedia setiap saat.

 

2. Penanganan

Meskipun kambing kerdil menikmati interaksi dengan manusia, sangat penting untuk melakukan kontak fisik secara teratur dengan kambing kerdil muda Anda. Amalan ini sangat penting agar kambing Anda tumbuh dan terbiasa berada di hadapan atau didekati manusia.

 

3. Kebersihan

kambing hal

Ygmy tidak perlu dimandikan minimal sekali sehari atau mengikuti jadwal mandi yang ketat. Cukup bersihkan kambing menggunakan sikat atau mandikan di air jika Anda melihat ada kotoran atau kotoran yang menumpuk di tubuhnya.

 

Selain itu, penting untuk memotong kuku setiap 2-6 minggu jika tampak melengkung ke dalam.

 

Penting juga untuk tidak mengabaikan keamanan dan kebersihan kandang setiap saat. Penting untuk memastikan tidak ada area kandang yang rusak dan dapat menyebabkan cedera pada tubuh kambing. Pembalut, jika digunakan, harus diganti seminggu sekali atau saat sudah basah.

 

4. Area untuk ditinggali, atau kandang

Jika kambing dipelihara di luar ruangan pastikan kandang terbuat dari bahan yang kokoh yang dapat melindungi kambing dari unsur angin atau hujan. Tutupnya juga tidak boleh terlalu rapat sehingga menyebabkan ruangan menjadi panas atau lembab.

 

Jika Anda memeliharanya di dalam ruangan, pastikan untuk menyediakan kandang kambing yang cukup lebar atau alternatif lain adalah kandang yang cukup tinggi agar kambing tidak kehabisan. Untuk membuat alasnya, Anda bisa menggunakan jerami, pelet kayu atau serutan kayu yang nyaman untuk kambing dan memiliki kemampuan menahan air.

 

Penting untuk dipahami bahwa penting bagi kambing kerdil untuk tetap kering.

 

5. Olahraga

Kambing Pygmy bisa menjadi hewan yang aktif. Inilah mengapa sangat penting bagi mereka, terutama yang masih muda untuk dapat melakukan aktivitas dan berolahraga tanpa batasan.

 

Ruang yang luas disediakan bagi anak-anak untuk berlari atau ruang untuk memanjat atau melompat.

 

6. Sosialisasi

Sama seperti manusia, kambing mini ini juga memiliki aspek sosial. Mereka sangat menikmati hidup bersama dalam kelompok dan berinteraksi dengan manusia. Jika Anda memiliki kambing kerdil, Anda harus menghabiskan waktu bersama mereka setiap hari atau bermain dengan mereka untuk membangun kepercayaan dengan cepat.

 

Karena mereka adalah hewan sosial Lebih baik memiliki pasangan bersama.

 

Kambing Pygmy Harga Mulai 25 Jutaan

Sejak abad ke-19 di Eropa, keindahan dan keunikan kambing kerdil sangat dikagumi oleh masyarakat dari segala usia. Hal inilah yang menyebabkan kambing mini ini lebih sering dibudidayakan sebagai kambing hias daripada kambing pedaging atau perah.

 

Kekhasan babi kerdil dari segi ukuran dan penampilannya memungkinkan untuk menjadi peserta dalam kontes menghias kambing. Faktor yang biasanya mempengaruhi harga kambing hias adalah tinggi dan bentuk telinga gigi, mulut, hidung, dan sebagainya. Faktor lain yang dapat meningkatkan harga kambing hias adalah warna bulunya.

 

Semakin sering seekor kambing memenangkan perlombaan maka harga jualnya akan semakin tinggi.

 

Seorang peternak kambing kerdil di Bantul, Yogyakarta, mengaku harga kambing kerdil umur 3 bulan bisa mencapai 25 juta rupiah dan tidak ada perbedaan harga kambing kerdil jantan dan betina.

 

Kabar baiknya, rasa penasaran masyarakat Indonesia terhadap kambing kerdil pascapandemi meningkat sekitar tiga kali lipat.

 

Sama Kecilnya, Bedanya Kambing Kerdil Selain Kacang Tanah

Jangan campur kambing kerdil dan kambing Kacang. Walaupun keduanya memiliki ukuran yang sama dan memiliki berat rata-rata 25-30kg namun tempat asal dan sifat antara kedua jenis kambing ini berbeda.

 

Kambing kerdil merupakan hasil indukan yang terdapat di Afrika yang dikenal dengan nama Kamerun Kerdil Kambing (Cameroon Pygmy Goat) Kambing cacang berasal dari peternak lokal Indonesia.

 

Kambing kerdil bisa digandrungi sebagai kambing hias karena penampilannya yang lucu. Berbeda dengan kacang tanah kambing yang dijadikan makanan hewani. Industri peternakan kambing kacang tanah berperan penting dalam mata pencaharian petani skala kecil di daerah tersebut.

 

Ada ciri-ciri fisik yang membedakan kedua jenis kambing tersebut. Kambing kerdil memiliki tubuh yang lebih besar dengan bentuk yang lebih tegas, telinga yang mengarah lurus ke atas, dan pial, atau daging, tergantung di kedua sisi leher. Kalau kambing kacang lebih ramping badannya dan kupingnya menjuntai, tapi tidak punya pial.

 

Selain itu, ada perbedaan besar dalam hal harga. Anakan kambing kerdil umur 3 bulan dihargai 25 juta, dan anakan kambing kacang identik dihargai mulai 1 juta.

 

Keuntungan Beternak Kambing Pygmy

Peternak kambing asal Indonesia masih jarang. Biaya yang relatif mahal membuat peternak lebih memilih untuk beternak kambing lain. Bagi yang punya uang bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk bersaing dengan peternak kambing kerdil lokal yang jumlahnya sedikit.

 

Bukti nyata keberhasilan peternak yang memelihara kambing kerdil terlihat dari pengalaman Dwi Susanto, pemilik Prayitno Farm di Yogyakarta yang mengaku kewalahan dengan permintaan kambing kerdil dari berbagai kota di Indonesia karena keterbatasan jumlah mini kambing. peternak kambing.

 

Beternak kambing kerdil, seperti halnya beternak domba kerdil, harus menunggu hingga waktu tertentu. Mereka dapat dilahirkan pada musim kawin kapan saja antara usia empat hingga lima bulan, terkadang pada usia muda dua bulan.

 

Namun, sebaiknya menunggu usia kambing betina antara 12 dan 18 bulan sebelum dikawinkan. Kambing kerdil betina

Sang ibu dapat melahirkan satu hingga empat anak setiap 9-12 bulan.

 

Hal baik lainnya tentang Pygmy oat merupakan keunikan fisik yang layak untuk dimasukkan sebagai kambing hias. Jika kambing kerdil Anda memenangkan kontes kambing hias, kemungkinan besar harga kambing kerdil Anda akan menjadi lebih mahal.

 

Di luar bisnis, kambing kerdil bisa menjadi alternatif yang bagus untuk hewan peliharaan utama. Sifatnya yang lembut, manis, dan energik dapat menjadi hewan peliharaan yang ideal untuk anak-anak dan bahkan menghibur orang dewasa. Selain itu, merawat kambing mini yang menggemaskan ini sederhana, karena membutuhkan lebih sedikit lahan daripada kambing lainnya dan bahan makanan segar dan buatan pabrik yang tersedia di mana saja.

Comments

Popular posts from this blog

Harga Domba Awassi

Info Harga dan Ciri-Ciri Kambing Boer Fullblood Asli [Lengkap] di sukabumi